Thursday, 15 January 2009

Manfaat Play Group

Dari blog sebelah..

manfaat buat orang tua jika memasukkan anaknya ke play group adalah.....
1. anda bisa menjadi lebih care kepada perkembangan anak anda di playgroup tersebut, dengan selalu memantau apa2 saja yang dipelajari sang anak di playgroup tersebut.
2. anda bisa jadi orang tua yang kritis terhadap perkembangan anak, bisa memberikan masukan atau komplainan kepada lembaga playgroup tersebut.
3. anda telah memutuskan hal yang tepat dengan memasukkan anak anda ke dalam playgroup, karena anak umur 2 tahun adalah anak dalam masa golden age dimana mereka menyerap semua hal (baik itu yang buruk dan yang baik, disinalah peran anda sebagai orang tua banyak dituntut untuk lebih waspada)

tips untu memasukkan anak anda ke playgroup:
1. cek latar belakang guru (anda berhak untuk mewawancara guru agar minimal anda tahu apakah guru itu capable atau tidak, anda tidak ingin dong anda membayar mahal tetapi hanya belajar mewarnai saja bukan ?)
2. tanya kanan-kiri tentang sekolah itu bagus atau tidak..... (bila perlu luangkan waktu untuk ngobrol dengan para ibu2 disekolah tersebut)
3. lihat metode yang dipakai (saran saya, untuk playgroup sebaiknya percayakan kepada lembaga swasta, karena biasanya mereka memasukkan metode2 yang bisa meningkatkan kecerdasan anak)
4. lihat kurikulum yang dipergunakan / tanyakan.
5. lihat kondisi kelas, kamar mandi dan ruangan bermainnya, jika sarana tersebut kecil, terbatas dan agak kotor (terutama toiletnya) saran saya, cari tempat yang lain saja, kenapa saya sarankan demikian karena 3 tempat tersebut merupakan sarana utama, jika tidak bagus dan bersih tentunya menandakan bahsa sekolah tersebut hanya berorientasi penuh kepada pemasukan uang saja.
6. alat peraga yang dipergunaka untuk mendukung pembelajaran boleh dipertanyakan juga kok.
7. tanyakan kegiatan outdoor (penting banget loh bu...... )

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd