Thursday, 5 February 2009

Umur Berapa Idealnya Anak Masuk Play Group?

Anakku umur 2,5 thn. bicaranya belum lancar dan tidak banyak teman di lingkungan rumah..cukup g cuma bermain n belajar dengan ibunya dirumah?Tp gw kerja buk..mana mungkin??....

Jawabnya adalah :

Play group adalah suatu tempat dimana anak dapat mengembangkan beberapa kemampuan dasarnya seperti kemampuan motorik kasar dan halus, mengembangkan kemandirian, bersosialisasi, berbahasa dan berkomunikasi, mengenal kehidupan beragama, ketrampilan dll. Diharapkan dengan anak mengikuti kegiatan di play group ini tumbuh kembangnya menjadi optimal sampai sebelum ia memasuki pendidikan dasar.

Yang perlu diingat adalah PLAY GROUP BUKANLAH PRA TAMAN KANAK-KANAK. Jadi tidak setiap anak yang mau masuk taman kanak-kanak ia harus masuk dulu ke play group. Anak bapak dapat dimasukkan ke play group terus sampai usianya memasuki usia sekolah dasar. Atau bapak langsung memasukkan anak bapak ke Taman Kanak-kanak pada usia yang telah di tentukan misalkan 3,5 atau 4 tahun.

Memang fenomena yang terjadi saat ini adalah anak yang mau masuk TK harus masuk play group dulu, dan itu adalah paradigma yang salah. Jadi bapak bisa memilih mencari play group yang baik dimana anak bapak dapat beraktifitas hingga usia sekolahnya. Atau bapak memasukkan anak bapak di TK ketika usianya sudah mencukupi. Tidak ada dampak yang buruk bagi anak yang tidak masuk play group pada usia dini, selama di rumah anak sudah mendapatkan stimulasi yang cukup dari orangtua dan mendapat kesempatan untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Jadi apabila di rumah anak bapak tidak punya teman bermain baik yang seusia maupun lebih, bapak dan ibu tidak punya waktu untuk menstimulasi anak, pengasuhnyapun tidak mampu menstimulasi anak, barangkali memasukkan anak ke play group bisa menjadi alternatif yang baik. Bagaimanapun juga stimulasi dari orangtua memberikan manfaat yang lebih bagi anak, anak jadi berkembang dan hubungan dengan orangtua menjadi lebih dekat. Setiap orangtua itu mempunyai kemampuan untuk menstimulasi anaknya dengan baik, selama orangtua juga mau belajar dan memahami tumbuh kembang anak itu.

Maka sekarang pilihan ada pada bapak, akan memasukkan anak ke play group atau tidak. Yang perlu diingat juga adalah ketika kita memilih suatu bentuk pendidikan kepada anak, perhatikan juga karakteristik dan keinginan anak. Jangan sampai ambisi orangtua ingin memberikan yang terbaik untuk anak melupakan anak sebagai subyek pelaku kegiatan ini nanti bisa menjadi boomerang.

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd