Thursday, 27 October 2011

KRITERIA ANAK SEHAT

Setiap orang tua pasti menginginkan anak sehat yang tumbuh ditengah-tengah keluarga. Anak yang cerdas, rajin, dan berbakti kepada orang tua adalah dambaan setiap orang, karena anak adalah tumpuan harapan orang tua. Para orang tua mengharapkan anaknya menjadi anak yang bisa dibanggakan. Namun demikian tidaklah gampang menjaga dan merawat anak hingga menjadikan anak kita sebagai anak yang sehat. ada beberapa hal yang harus kita ketahui agar anak kita dapat menjadi anak yang sehat.
Hal pertama yang harus kita ketahui adalah ciri-ciri anak sehat. Dalam hal ini kita harus mengetahui tanda-tanda fisik maupun psikis anak kita. Anak yang sehat adalah anak yang responsif terhadap sekitarnya. Ahli mengatakan bahwa kita harus membiasakan diri untuk berbicara kepada anak dengan langsung memandang ke arah matanya. Dengan demikian kita akan mengetahui respon anak, apakah anak merasa lesu atau antusias terhadap apa yang kita bicarakan.  Berikutnya adalah kondisi rambut pada anak. Apakah rambut anak anda tidak kusam atau kah tidak mudah rontok? Itu juga merupakan tanda bahwa anak kita adalah anak yang sehat. Rambut yang bersih, indah dengan warna cemerlang merupakan ciri anak yang sehat. Ada baiknya kita selalu menjaga kebersihan kulit kepala dan gizi untuk rambut anak dengan vitamin B komplek dan mineral.
Selanjutnya adalah gigi si kecil. Perhatikan kondisi dan warna gigi si kecil. Gigi anak sehat adalah gigi dengan pertumbuhan yang baik dan warna yang cemerlang. Perawatan yang rutin enam bulan sekali ada baiknya diterapkan untuk menjaga dan melihat tumbuh kembang gigi yang baik. Selain itu perhatikan warna gusi si kecil. Warna gusi yang baik adalah berwarna merah muda. Jika gusinya mudah mengalami pendarahan itu berarti si kecil mengalami kekurangan vitamin C. Dengan menjaga kebersihan gigi dan gusi akan terhindar dari bau mulut.
Kesehatan kulit juga merupakan ciri anak yang sehat. Kulit yang sehat adalah kulit yang bersih dan cepat sembuh ketika terjadi luka. Kondisi kulit yang sehat akan membantu mempercepat sembuhnya luka. Kebersihan kuku juga merupakan ciri anak yang sehat. Kuku yang sehat adalah kuku yang kuat dan berwarna merah muda. Hal ini menandakan bahwa si kecil tidak terjangkit anemia dan kekurangan kalsium. Suhu tubuh sikecil juga merupakan faktor lain pertanda anak yang sehat. Suhu tubuh harus berkisar 36,5 hingga 37,5 derjat celsius. Gaya makan sikecil juga pertanda kesehatan si kecil. Lahapnya makan sikecil menandakan tidak terganggunya nafsu makan. Tidur yang cukup dan nyenyak adalah ciri lain anak yang sehat. Pencernaan yang sehat dengan lancarnya BAB juga berarti dalam diri anak yang sehat. Nah, apakah anak anda sudah termasuk anak sehat?

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd