Sunday, 28 February 2010

Budaya Menabung Di Smart Bee



Tak mau kalah dengan orang dewasa, bocah-bocah kecil yang masih duduk di bangku Play Group dan Taman Kanak-kanak (TK) pun kini telah memiliki rekening pribadi. Mereka adalah siswa/i PG & TK Islam Smart Bee yang berlokasi di Jalan Danau Maninjau Raya No 221 Depok Timur.

"Kami ingin menanamkan budaya menabung sejak kecil dengan memperkenalkan kepada siswa bagaimana caranya menabung di Bank dengan rekening pribadi masing-masing," ujar Ummi Dewi, Kepala Sekolah PG dan TK Islam Smart Bee.

Sejak Tahun Ajaran 2009/2010, setiap siswa PG& TK Islam Smart Bee akan mendapatkan Tabungan Simpatik dari Bank Syariah Mandiri. Dengan memiliki rekening sendiri, anak-anak diharapkan memiliki semangat yang tinggi untuk menabung.
Salah satu persyaratan untuk membuka tabungan adalah menyertakan foto kopi kartu identitas diri. Karena para siswa masih dibawah umur, maka orangtua siswa lah yang membuka rekening tersebut. Namun nama yang tertera pada buku Tabungan Simpatik ditambahi dengan QQ nama siswa yang bersangkutan. Seperti contoh, ananda Omar Sheif siswa Giant Bee Club. Pada buku Tabungan Simpatik Ananda Omar tertera nama: Ida Fitri QQ Omar Sheif/SB. Khusus untuk siswa TK B, siswa menulis sendiri jumlah uang yang disetorkan dan juga menulis nama mereka di kolom tanda tangan. Mereka juga diajarkan untuk mengantri ketika menyetorkan uang tabungannya. Alhamdulillah, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar.

Kunjungan Siswa TK ke Bank Syariah Mandiri (BSM) untuk menyetorkan tabungannya sendiri dilakukan mulai tanggal 12 Februari-12 Maret 2010. Setiap kelas didampingi oleh wali kelasnya melakukan kunjungan ke BSM untuk menyetorkan sendiri uang tabungan mereka selama sebulan yang lalu. Pengenalan bank ini hanya berlaku untuk siswa TK saja, sementara untuk siswa PG uang tabungan disetorkan ke Bank oleh TU Sekolah.

Berbagai macam polah tingkah laku anak-anak yang berkunjung ke BSM, yang kadang mengundang senyum nasabah lain yang ada di banking hall. Seperti halnya saat kunjungan Big Bee Club ke BSM Kantor Kas Depok 2 pada tanggal 25 Februari yang lalu. Saat selesai menabung ada salah satu siswa yang tingkahnya membuat kita tertawa geli. Setelah ia menerima buku tabungannya yang sudah di print oleh teller bank, kemudian sambil menunggu temannya yang masih mengantri, apakah yang ia lakukan? Tertanya ia masuk ke dalam kolong kursi costumer service untuk bersembunyi dari teman-temannya. Setelah ditegur oleh gurunya, ia bergaya seolah-olah seperti abang tukang becak yang sedang mengayuh becaknya. Ada juga anak yang mencari perhatian karyawan BSM entah itu CS, teller maupun kepala kantor kas BSM Depok 2. Tapi kenapa ya, mereka tidak berani dekat-dekat petugas security?

Anak-anak sangat senang sekali berkunjung ke BSM, bahkan ada siswa yang merajuk kepada orangtuanya untuk pergi menabung ke BSM lagi setiap hari. Semoga kami bisa membantu program pemerintah untuk membudayakan menabung.

2 comments:

feddy said...

BRAVO OOM NARTO...BUKA CABANG DONG DI JATI ASIH BEKASI...HEHEHE

PG/TK SMART BEE said...

Thanks bro Feddy atas kunjungannya. kok gak masuk kedalem sih? ada palkam nih. xixixi...

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd