Monday, 27 July 2009

Memilih Perlengkapan Si Kecil

Hampir semua orangtua ingin melihat anaknya tampil gaya. Wajar bila kita membelikan mereka pakaian, sepatu, dan aksesoris yang lucu-lucu. Tapi sebelum membeli perlengkapan si kecil, jangan lupa untuk memperhatikan faktor kenyamanan dan keamanan bila digunakan si kecil. Jangan sampai ketika busana dikenakan, mereka merasa gerah, gatal, sakit, hingga menimbulkan iritasi pada kulit.

Memilih Bahan Pakaian
Jangan sampai salah memilih bahan pakaian untuk si kecil, sebab salah sedikit saja dapat membuat ia kegerahan. Karenanya pilih bahan yang lembut sehingga mereka terhindar dari sensitif kulit. Berhubung kulit bayi masih peka dan lembut, sebafimya pilih pakaian dari bahan-bahan jenis ini nyaman dan mampu menyerap keringat. Sebaiknya hindari bahan pakaian dari nilon, linen, parasut atau wol karena bahan ini kurang menyerap keringat, dan mudah panas, sehingga dapat membuat kulit si kecil iritasi.

Memilih Model Pakaian
Selain memperhatikan bahan, model pun menjadi perhatian tersendiri dalam memilih. Sebaiknya pilih ukuran yang sesuai dengan tubuh si kecil, jangan terlalu gombrang atau kesempitan. Jika baju yang dikenakan terlampau gombrong, si kecil akan sulit bergerak, sedangkan bila kesempitan, mereka akan merasa tak nyaman, karena tubuhnya terasa ada yang mengikat. Nah, jika Anda ingin membelikan model lengan panjang, sebaiknya lihat cuaca dan prilaku anak terlebih dahulu. Apabila mereka cepat sekali berkeringat, sebaiknya hindari baju lengan panjang, kenakan mereka baju tanpa lengan. Sedangkan buat anak yang masih kecil pilihkan baju yang berkancing depan, agar mudah memasangnya.

Memilih Sepatu
Memilih sepatu anak memang gampang-gampang susah. Gampang karena dipasaran banyak sekali model sepatu untuk anak, tapi tak semua model cocok untuknya Karenanya harus memilih sepatu dengan teliti. Belilah sepatu dengan sol yang lembut, datar, dan tidak licin. Karena kaki perlu bernapas, pilihlah jenis sepatu yang tebuat dari kulit, kain, atau kanvas, hindari yang berbahan plastik, sebab keringat sulit menguap. Pilih ukuran sepatu yang tak sempit di kaki. Idealnya sepatu pas di kaki atau lebihkan sedikit di bagian ujungnya.langan lupa untuk memeriksa 3 bulan sekali sepatu si kecil, tujuannya agar terdeteksi apakah jarinya mulai menekuk di ujung sepatu, yang berarti Anda harus mengganti sepatu si kecil.

Memilih Kaus Kaki
Layaknya sepatu, kaus kaki juga mendukung kenyamanan anak saat berjalan. Untuk itu, pilih kaus kaki yang lembut dan bahannya menyerap keringat. Pilihlah bahan katun sehingga sirkulasi-udara dalam sepatu lebih baik. Supaya peredaran darah pada kaki lancar, berikan mereka kaus kaki yang tak terlalu ketat. Bila buah hati Anda perempuan, tentu Anda gemas ingin membelikan aksesoris. Apalagi berbgai aksesoris lucu dan tren beredar untuk para anak-anak. Dalam memilih aksesoris untuk si kecil Anda harus lebih teliti dan hati-hati, sebab banyak jepitan, bando yang buatannya tajam, sehingga bila dipakaikan ke rambut bisa melukai anak. Jika ingin bayi nan mungil Anda mengenakan bando, pilihlah bando dari bahan bando, jangan lupa lihat apakah karetnya cukup longgar atau terlalu ketat dikepala.

Memilih Topi
Aksesoris yang satu ini paling aman dan baik untuk bayi. Selain melindungi dari sengatan matahari, topi dapat membuat si kecil tak kedinginan saat musim hujan tiba. Selain itu topi juga tak membuat si kecil terluka atau gatal. Apalagi banyak model topi yang bisa jadi alternatif pilihan. Untuk si kecil, pilihkan topi berbahan kaus atau katun agar ia tak kegerahan.
Memilih Celana

Biasanya celana panjang digunakan jika menghadiri acara formal, tapi tak ada salahnya bila Anda mengenakan si kecil celana pendek. Asalkan bila untuk pergi pilih dari bahan kain atau kaus yang nyaman. Bila Anda ingin membeli celana dari bahan jins, pilih jins yang tidak keras bahannya, karena bisa membuat si kecil merasa tak nyaman. Sekarang sudah banyak kok bahan jins yang lembut dan nyaman di kulit. (Esi) Sumber: Tabloid Ibu & Anak

Sumber : kumpulbocah.com

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd