Friday, 27 March 2009

Memberikan Waktu Bersama Anak

Banyak orangtua sibuk dengan pekerjaan dan kepentingan pribadi sehingga melewatkan masa kanak-kanak anak mereka. Orangtua seperti ini biasanya sulit meluangkan waktu bersama anak dan keluarga. Mereka pulang ke rumah dengan membawa banyak tekanan dan kondisi tubuh yang sudah lelah. Mereka sudah tidak memiliki energi lagi untuk bersantai atau bermain bersama anak.

Bila kita renungkan, sebenarnya kesempatan bersama anak secara efektif adalah tidak lama. Mungkin hanya sampai anak berusia 6 tahun. Setelah itu, boleh jadi anak akan banyak menghabiskan waktunya bersama teman-temannya di sekolah, tempat bermain, ataupun di tempat-tempat kursus.

Oleh karena itu, manfaatkanlah masa kecil anak dengan sebaik-baiknya. Berikanlah ciuman dan pelukan sesering mungkin sebagai ungkapan bahwa betapa orangtua mencintai dan menyayangi dirinya. Janganlah pernah merasa bosan atau malas untuk bermain dan bercanda bersama anak. Sebab, mungkin kesempatan seperti itu akan sulit untuk diciptakan kembali, terutama ketika anak sudah besar.

Kedua orangtua bekerja adalah tidak salah. Tetapi, jangan sampai kehilangan waktu bersama anak. Sebab, jika orangtua tidak pernah memberikan waktu bersama anak, ia akan merasa tidak diperhatikan. Anak tidak memiliki tempat untuk mencurahkan perasaannya, tidak punya seseorang yang dapat diajak berbicara, tidak mempunyai seseorang yang dapat menentramkan hati dan perasaannya. Bila sudah demikian, anak cenderung mudah terpengaruh oleh sifat dan sikap negatif dari teman atau orang-orang yang berada di luar lingkungannya. Salah satu tindakan negatif yang dilakukan anak akibat kurang perhatian orangtua adalah terjerumus pada obat-obatan terlarang (narkoba).

Intinya, orangtua perlu mengatur waktu sebaik-baiknya agar waktu bersama anak dan keluarga tetap terjaga. Jangan sampai untuk urusan kantor dan arisan orangtua bisa meluangkan waktu berjam-jam. Sedangkan, meluangkan waktu bersama anak dan keluarga sedetikpun orangtua tidak bisa (Maya & Wido, 2006).
Menghabiskan waktu bersama anak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di antaranya adalah dengan membacakan cerita sebelum tidur, bercanda, saling berbagi perhatian dan kasih sayang. Selain itu, orangtua juga dapat mengajak anak untuk jalan-jalan dan bermain bersama. Hal demikian tentu akan membuatnya merasa senang dan bahagia.

Sumber : perkembangananak.com

TK & Play Group SMART BEE
www.smartbee221.blogspot.com

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd