Wednesday, 1 April 2009

Gejala dan Penyebab Stress

Stress adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit. Stres membuat tubuh untuk memproduksi hormone adrenaline yang berfungsi untuk mempertahankan diri. Stres merupakan bagian dari kehidupan manusia. Stres yang ringan berguna dan dapat memacu seseorang untuk berpikir dan berusaha lebih berpikir dan berusaha lebih cepat dan keras sehingga dapat menjawab tantangan hidup sehari-hari. Stres ringan bisa merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin. Tetapi stress yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditanggulangi, akan berbahaya bagi kesehatan.

Gejala-gejala
-Menjadi mudah tersinggung dan marah terhadap teman, keluarga dan kolega.
-Bertindak secara agresif dan defensif
-Merasa selalu lelah.
-Sukar konsentrasi atau menjadi pelupa.
-Palpitasi atau jantung berdebar-debar.
-Otot-otot tegang.
-Sakit kepala, perut dan diare.
-Komplikasi
-Tekanan darah tinggi dan serangan jantung.
-Sakit mental, hysteria.
-Gangguan makan seperti hilang nafsu makan atau terlalu banyak makan.
-Tidak bisa tidur (insomnia).
-Migren/kepala pusing.
-Sakit maag.
-Serangan asma yang tambah berat.
-Ruam kulit.

Penyebab
-Kejadian hidup sehari-hari baik gembira dan sedih seperti: - Menikah/mempunyai anak. - Mulai tempat kerja baru/pindah rumah/emigrasi. - Kehilangan orang yang dicintai baik karena meninggal atau cerai. - Masalah hubungan pribadi.
- bersambung...

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd