Tuesday, 19 May 2009

Es Krim, Lezat dan Bergizi

Tahukah Anda di balik kelezatan es krim tersimpan sejarah yang panjang. Es krim telah dikenal sejak jaman Romawi—sekitar tahun 400 SM. Namun secara komersil es krim baru mulai diperjual-belikan pada abad ke-18. Tercatat, pabrik es krim pertama terdapat di Baltimore, yang didirikan pada tahun 1851. Saat ini diperkirakan satu milyar liter es krim diproduksi di seluruh dunia, menjadi makanan favorit milyaran penduduk dunia. Tua-muda, anak-anak hingga dewasa, semua suka makanan bertekstur lembut ini. Es krim relatif mudah dijumpai di seluruh pelosok dunia, dengan eneka cita rasa yang menggoda.

Inovasi baru selalu tercipta. Hasilnya, kita dapat memilih es krim sesuai keinginan kita, mulai dari stroberi, cokelat, vanilla, blueberry, dan sebagainya.

Apa yang terkandung di dalam es krim?

Kandungan gizi es krim per 100 g

  1. energi (207 Kal)
  2. protein (4 g)
  3. emak (12,5 g)
  4. kalsium (123 mg)
  5. fosfor (99 mg)
  6. natrium/sodium

Selain zat gizi di atas, agar lebih yummy, es krim ditambahkan pengemulsi dan perasa (flavour).

Tips mengkonsumsi es krim

  1. Mengkonsumsi es krim dengan jumlah wajar, 2 – 3 cangkir per hari.
  2. Penderita asma, radang tenggorokan, amandel, intoleransi laktosasebaiknya membatasi (menghindari)konsumsi es krim.
  3. Perhatikan label untuk mengetahui komposisi bahan dan zat gizi yang terdapat dalam es krim
  4. Simpan es krim pada suhu beku (freeze) untuk mempertahankan keamanannya

Apa kelebihan es krim?

Es krim merupakan alternatif camilan sehat bagi anak, apalagi masa kanak-kanak merupakan saat tepat untuk menabung kalsium. Sebagai perbandingan, 1 stik es krim mengandung 240 mgr kalsium. Meski bukan sebagai pengganti susu, es krim dapat menjadi alternatif gizi bagi anak yang tidak suka susu. Hanya saja perlu diperhatikan kandungan energinya supaya anak tak kegemukan.

Mengingat bahan dasar es krim adalah susu, maka kualitas proteinnya tidak diragukan lagi, yang justru jadi perhatian adalah biasakan anak berkumur dengan air putih sesudahnya. Ini penting mengingat kandungan gula dalam es krim dapat menyelip di gigi dan dapat menyebabkan gigi berlubang. Dengan berkumur dengan air putih sisa es krim pada gigi akan larut.

Mitos Tentang Es Krim

Mitos: Es krim biang keladi kegemukan

Fakta: Kegemukan disebabkan oleh energi dan lemak yang berlebihan serta kurang aktivitas fisik, karena kebiasaan makan yang kurang baik dan faktor keturunan. Sementara kontribusi energi dan lemak dalam es krim per takaran saji sangat kecil yaitu sekitar 10% dari total kebutuhan energi/hari dan 15% dari total kebutuhan lemak/hari.

Mitos: Es krim menyebabkan batuk pilek

Fakta: Es krim cepat meleleh saat masuk ke dalam rongga mulut karena pengaruh suhu tubuh, jadi saat es krim es krim masuk ke kerongkongan suhunya sudah tidak sedingin air es. Penyebab batuk pilek adalah terutama virus dan alergen pada anak-anak yang mempunyai sifat alergi bawaan

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd