Thursday 14 May 2009

Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan biasanya diawali dengan keringat dingin dan rasa tidak enak di perut. Lalu anak mengalami mual, pusing dan muntah. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah mabuk perjalanan.

  1. Ajak anak untuk memfokuskan perhatiannya ke arah luar, tidak ke arah buku atau mainan

  2. Dudukkan anak agak ke depan, misalnya bila menggunakan kijang, dudukkan ia di bangku tengah. Peraturan keselamatan tidak memperbolehkan anak duduk di bangku terdepan

  3. Beri makan snack yang ringan sebelum perjalanan. Perut kosong akan memperberat mabuk perjalanan.

  4. Buat udara terasa nyaman dan dingin. AC mobil sangat baik. Bila tidak ada AC, buka kaca jendela sedikit sehingga ia dapat menghirup udara segar.

Bila tetap mabuk, hentikan kendaraan. Biarkan anak tidur terlentang sebentar sambil menutup mata. Berikan kompres dingin di kepala. Kadang diperlukan obat anti mabuk perjalanan. Mintalah advis pada dokter anda. Obat yang diberikan biasanya golongan antihistamin dan anti muntah. Obat2 ini dapat mempunyai efek samping berupa gelisah, pusing, mulut kering, dan sembelit. Obat-obat ini tidak boleh diberikan pada anak yang mempunyai penyakit epilepsi.

Sumber : anakku.net

No comments:

PG/ TK ISLAM SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd