Wednesday, 13 May 2009

Mengapa Anak Suka Menggigit

Satu di antara 10 anak berumur 2-3 tahun senang menggigit. Jadi masih normal? Walaupun banyak anak yang melakukannya, menggigit sangat mengganggu dan bisa membahayakan yang digigit. Orang tua harus mencegahnya sejak awal ia terlihat senang menggigit.

Banyak penyebab anak suka menggiit. Beberapa di antaranya :

  1. Eksperimen

    Biasanya anak menggigit payudara atau bahu ibunya. Langsung katakan "Jangan" dengan serius. Mungkin anak-anak ini ingin mencoba bereksperimen untuk mengeksplorasi. Berikan pengganti yang bisa digigit untuk anak belajar mengeksplorasi.

  2. Frustasi

    Beberapa anak tidak dapat mengatasi masalah misalnya untuk menarik perhatian orang tua, atau meminta mainan milik anak lain. Biasanya anak menggigit bukan dengan maksud menyakiti. Larang, kemudian ajak anak mendekati korbannya untuk meminta maaf, sambil menerangkan bahwa menggigit menyebabkan rasa sakit. Bantu anak untuk mengekspresikan perasaannya dengan kata-kata. Perhatikan adanya gejala frustasi.

  3. Merasa terancam

    Beberapa anak menggigit bila ia merasa terancam, jadi menggigit merupakan tindakan bela diri. Anak dapat merasa terancam bila ada kematian orang yang dicintai, ditinggal ibu bekerja dan lain-lain. Anak-anak ini memerlukan pengasuhan ekstra, terutama kalau ancaman berasal dari dalam rumah atau sekitarnya.

  4. Menunjukkan kekuatan

    Anak memerlukan kebutuhan kontrol terhadap sekitar dan otonomi lebih besar. Bila ia melihat bahwa menggigit dapat membantunya, ia akan melakukannya terus. Berilah anak perhatian. Bila ia sudah mendapat perhatian, ia makin jarang menggigit. Pujilah perilakunya yang baik.

  5. Bagian dari gangguan perilaku lain

    Anak-anak yang mengalami gangguan perilaku lain misalnya autisme dapat menggigit orang lain, bahkan menggigit dirinya sendiri. Perilaku menyakiti diri sendiri jelas tidak normal. Konsultasikanlah dengan dokter anda.

Perhatikan

  1. Jangan memukul anak yang menggigit Hal ini akan menyebabkan anak berpikir bahwa kekerasan adalah cara memecahkan masalah.
  2. Selalu tenang dan mendidik. Anak tidak boleh mendapat reward karena menggigit
  3. Semua orang di rumah harus konsisten bahwa menggigit tidak boleh dilakukan.
  4. Carilah penyebabnya, dan atasi.

Sumber : anakku.net

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd