Friday, 29 May 2009

Kapan Harus Ke Dokter Gigi?

Pada umumnya manusia mempunyai 2 macam gigi, yaitu gigi sulung atau kadang kita menyebutnya gigi susu tetap. Gigi sulung dibentuk pertama kali sejak anak dalam kandungan dan gigi tetap dibentuk semenjakanak itu lahir.

Pada saat gigi dibentuk diperlukan zat-zat pembentuk gigi seperti kalsium, fosfor, fluor dan mineral lainnya. Gisi sulung ini akan tumbuh atau erupsi berkisar usia anak 6-7 bulan. Agar nanti gigi tetapnya akan tumbuh dengan sempurna, maka gigi sulung yang sudah muncul perlu diperhatikan. Kelainan yang sering terjadi pada gigi susu adalah: perubahan warna gigi yang cenderung kecoklatan atau kehitaman, dan gigi menjadi berlubang karena karies.

Untuk menghindari hal tersebut, maka menjaga kebersihan dan kesehatan gigi adalah penting. Menjaga kebersihan gigi dapat dilakukan sejak gigi susu muncul dalam rongga mulut. Caranya sebagai berikut :

  1. Bersihkan mulut (gigi, gusi dan lidah) bayi secara teratur terutama sehabis minum susu atau minum manis lainnya; juga setelah makan. Cara pembersihan dapat dengan kapas atau kain yang dibasahi air bersih.

  2. Berkumur dengan air bersih setelah makan.

  3. Belajar menyikat gigi sejak gigi baru tumbuh, terutama malam sebelum tidur.

  4. Membawa anak ke dokter gigi secara teratur. Kapan? Yaitu saat gigi susu mulai tumbuh sekitar usia bayi 7 bulan.

Jadi sebaiknya ajaklah anak anda untuk memeriksakan kebersihan dan kesehatan giginya sedini mungkin. Perawatan dan pengobatan gigi anak yang dilakukan oleh seorang dokter gigi perlu dilakukan dengan cara yang simpatik, mempertimbangkan perasaan atau situasi emosional anak sehingga dapat membentuk rasa percaya dan kerjasama anak untuk melakukan perawatan/pengobatan.

Kunjungan harus dilakukan sedemikian rupa sehingga merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi anak dan harus bertujuan, terutama sebagai tahap pengenalan dimana dokter gigi mengenali anak dan anak mengenali dokter gigi serta lingkungannya. Jika anak merasa senang, maka hal ini akan membentuk sikap dan perilaku yang positif terhadap perawatan/pengobatan gigi.

Sumber : anakku.net

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd