Saturday, 13 February 2010

Play Group - TK Smart Bee "Mendidik Lebah-lebah Pintar"


Musim hujan sudah datang....Tiap hari selalu hujan. Hati-hati karena banjir siap menghadang. Tahu tidak? Dimusim hujan ini, guru-guru Playgroup dan TK Smart Bee memberikan murid-muridnya sebuah pengetahuan. Yaitu...kebiasaan membuang sampah sembarangan akan membuat banjir selalu datang.

Umi, begitu sebutan untuk guru di Playgroup -TK Smart Bee, meminta masing-masing anak mengumpulkan dedaunan. Lalu setelah terkumpul, daun-daun disebar di bak mandi* yang berisi rumah-rumahan. Pancuran air dinyalakan, lalu daun-daun mengikuti aliran air. Air menggenag karena daun-daun menghalanginya keluar dari lubang. Genangan air itu semakin banyak hingga merendam rumah-rumahan yang ada di dalam bak mandi. Itulah banjir yang sering kita lihat. Semua dijelaskan dengan cara yang sederhana oleh para umi. Sekolah yang terletak di jalan danau Maninjau Raya No 221, Depok Timur ini terus menggali ide untuk menemukan konsep yang menarik. Termasuk bagaimana menjelaskan banjir dengan cara yang sederhana. Konsep belajar yang kreatif dan Islam terus dikembangkan dengan mengikutsertakan para umi ke berbagai seminar dan pelatihan pengajaran.

Pembentukan Playgroup dan TK berkonsep Islam ini berawal dari keinginan para pengelola yayasan di tahun 2007 untuk membuat Playgroup yang berkualitas dengan biaya yang terjangkau. Playgroup diberi nama Smart Bee, dalam Bahasa Indonesaia berarti lebah pintar. Setelah berjalan setahun, sesuai permintaan para orangtua murid, pengelola yayasan juga membuka TK. Sekarang jumlah muridnya ada 71 anak, terbagi menjadi 3 kelas Playgroup dan 4 kelas TK A dan TK B. Agar proses belajar mengajar di kelas terasa nyaman, kelas dilengkapi AC.

Kegiatan islami diterapkan dalam kegiatan sehari-hari seperti baca doa, praktek sholat juga belajar iqro. Murid-muridnya juga diajarkan Bahasa Inggris, Komputer, Memasak, Menggambar dan jariaritmatika. Setiap Hari sabtu, anak-anak ada kegiatan olahraga seperti senam, bersepeda atau jalan-jalan ke sekitar lingkungan sekolah. "Semua kegiatan dirangkai untuk mendidik anak-anak supaya pintar, mandiri dan untuk menghasilkan sesuatu yang berguna," papar umi Dewi kepala sekolah Playgroup-TK Smart Bee. Ya, seperti filosofi lebah. Lebah menghisap madu sari bunga dan menghasilkan madu. Semua yang diambil dan dihasilkan sama-sama baiknya. Semoga anak-anak Playgroup dan TK Smart Bee bisa menjadi seperti lebah-lebah pintar, bisa menghasilkan sesuatu yang berguna untuk orang banyak. (Wiwin)

Dikutip dari majalah mombi edisi no 10 Tahun XVIII Terbit 10 Februari 2010 Halaman 23

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd