Thursday, 11 February 2010

Vaksin Flu Aman untuk Bayi 6 Bulan

Seattle, Penyakit flu bisa menyerang siapa saja termasuk bayi yang baru berusia beberapa bulan. Tapi kini peneliti mengungkapkan vaksin flu musiman aman dan efektif untuk bayi berusia 6-12 bulan.

"Penemuan ini telah dikonfirmasi dalam penelitian lebih lanjut dan menunjukkan vaksin flu musiman ini bisa dimasukkan dalam vaksinasi standar untuk bayi usia 6 bulan," ujar Dr Janet A. Englund dari University of Washington, Seattle, seperti dikutip dari HealthDay, Jumat (12/2/2010).

Dalam studi ini, peneliti memilih secara acak 1.375 bayi sehat untuk menerima dua dosis vaksin flu musiman trivalen (melindungi terhadap tiga strain virus flu yang beredar) dan vaksin plasebo. Pemberian vaksin diberikan jarak selama satu bulan dan dikombinasikan dengan vaksin bayi yang sudah direkomendasikan dalam standar vaksinasi.

Tidak ada perbedaan dalam hal ini efek samping atau dampak buruk yang terlihat dari kedua kelompok bayi ini. Sekitar 11 persen bayi pada kedua kelompok mengalami demam selama 3 hari setelah vaksinasi. Peneliti mengungkapkan setelah satu bulan vaksinasi, kejadian serius yang berkaitan dengan tiga strain flu tersebut sangat jarang ditemukan (langka).

Berdasarkan hasil tes imunologi menunjukkan hampir setengah dari bayi yang menerima vaksin flu tersebut mengembangkan antibodi untuk melindungi setidaknya dua dari tiga strain influenza yang ada di dalam vaksin.

"Berdasarkan hasil penelitian ini, potensi perlindungan terhadap virus influenza bisa diperoleh secara aman pada bayi berusia 6 bulan yang menerima vaksin influenza sesuai standar dosis bayi," ujar Englund.

Anak-anak kecil terutama bayi termasuk ke dalam kelompok usia yang memiliki risiko tinggi terkena flu dan berbagai komplikasi yang terkait. Ini dikarenakan daya tahan atau sistem imun dalam tubuhnya belum terbentuk secara sempurna.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan pada edisi Februari dalam The Pediatric Infectious Disease Journal.

www.detik.com

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd