Sunday, 21 February 2010

Risiko Alergi Pada Anak Bisa Dicegah Saat Ibu Mengandung

Fukuoka, Anak yang baru lahir kadang memiliki napas yang berbunyi seperti tersengal-sengal atau memiliki eksim karena alregi. Untuk mencegah alergi tersebut bisa dilakukan sejak ibu mengandung.

Bagi ibu hamil banyak-banyaklah mengonsumsi sayuran dan buah. Cara ini dapat menurunkan kemungkinan memiliki bayi dengan alergi tertentu.

Dr Yoshihiro Miyake dan rekannya dari Fukuoka University di Jepang menemukan asupan sayuran hijau dan kuning serta buah-buahan yang mengandung beta karoten tinggi (umumnya berwarna merah dan oranye) dalam jumlah yang banyak dapat mengurangi risiko memiliki bayi dengan gangguan kulit seperti eksim (gatal, kulit kering dan merah-merah di kulit).

Makanan yang mengandung vitamin E dengan kadar tinggi seperti dalam beberapa sayuran hijau juga dapat mengurangi risiko memiliki bayi dengan napas tersengal-sengal.

Hasil penelitian ini telah dilaporkan dalam jurnal Allergy. Beta karoten dan vitamin E adalah dua zat yang banyak terdapat di sayuran dan memiliki antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan.

"Tetapi mengenai hubungan konsumsi antioksidan pada ibu yang hamil dengan mencegah anak memiliki alergi tertentu masih dalam tahap penelitian dan belum bisa diambil kesimpulan," ujar Miyake, seperti dikutip dari Reuters, Senin (22/2/2010).

Dalam penelitian ini tim Miyake mengevaluasi asupan sayur dan buah selama hamil dari 763 perempuan dan mendeteksi ada atau tidaknya alergi pada keturunanya. Para perempuan yang berusia 30 tahun dan rata-rata hamil sekitar 17 minggu akan melaporkan riwayat kesehatan pribadinya.

Tim Miyake menemukan bahwa sebesar 21 persen anak-anak memiliki napas yang berbunyi seperti tersengal-sengal dan sebesar 19 persen memiliki eksim. Dan didapatkan ibu-ibu yang mengonsumsi banyak sayuran dan buah dengan kandungan beta karoten tinggi sedikit yang memiliki anak eksim.

Asupan vitamin E yang tinggi selama kehamilan telah dikaitkan dengan kemungkinan kecil anaknya memiliki napas yang tersengal-sengal. Hasil temuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh peneliti dari Amerika Serikat dan Inggris.

Peneliti menyimpulkan meningkatkan asupan sayuran dan buah berwarna hijau serta kuning, buah jeruk dan yang mengandung antioksidan seperti beta karoten dan vitamin E selama hamil, bisa menjadi langkah yang mungkin efektif untuk mencegah adanya gangguan alergi pada anaknya.


www.detik.com

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd