Thursday 19 February 2009

Berbagai Kegiatan yang Bisa dilakukan di Perpustakaan Anak


Posted by perpusmasjid on May 25, 2007

Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang dilakukan di Pustakaloka Rumah Dunia. Semoga bisa dijadikan contoh.


1. SENIN = WISATA BACA DAN DONGENG

Mereka leluasa melahap semua jenis buku. Tak peduli itu untuk dewasa. Tapi lambat laun, akhirnya mereka bisa menentukan sikap dan posisinya. Mereka mulai bisa membaca dengan tekun; buku cerita atau pun komik untuk dirinya. Dengan buku, mereka bisa “memindahkan” dunia ke dalam imajinasinya. Mereka bisa “menjelajahi” dunia lewat buku. Sedangkan dengan dongeng, mereka bisa berfantasi tentang dunia lain yang belum mereka kenal. Mereka bisa menjelajahi dunia yang belum mereka datangi. Mereka bisa belajar tentang sesuatu yang baik untuk dikerjakan dan yang buruk untuk ditinggalkan. Biasanya sebelum dongeng dimulai, beberapa orang anak disuruh maju ke depan untuk menceritakan dongeng sebelumnya. Atau juga menceritakan pengalaman keseharian mereka. Diharapkan dengan cara seperti itu, kelak mereka akan terbiasa berani mengemukakan pendapat di muka umum.

2. SELASA = WISATA GAMBAR

Wisata gambar termasuk yang paling digemari anak-anak. Pada hari “wisata gambar”, yang datang ke sini bisa 50 sampai 60-an anak. Puncaknya, pernah mencapai 120-an anak. Suasana yang ada seperti sedang ada festival saja.

3. RABU = WISATA TULIS

Mereka menulis tentang ayahnya, rumahnya, keseharian di sekolah, kampung halamannya, dan apa saja yang ada di hati mereka. Bisa dalam bentuk prosa atau puisi. Mereka dikenalkan pada junalistik (wartawan cilik). Mereka sudah mewawancarai beragam profesi; pembuat roti, nasi uduk, pisagn goreng, serta tahu. Dengan kaidah 5W + 1H, mereka menuliskan laporannya. Kami juga mengarahkan mereka untuk mengikuti setiap lomba menulis.

4. KAMIS = WISATA LAKON

Di depan lokasi Pustakaloka RUMAH DUNIA ada sebuah panggung ukuran 4X4 m. Mereka kadang mementaskan lakon dari kami atau membuat naskahnya sendiri. Mereka juga siap menerima undangan untuk tampil.

5. MINGGU = WISATA EKSPRESI

Dari jam 09.00am – 12.00am semua dipersilahkan untuk mengekspresikan dirinya. Bisa hanya membaca buku saja, belajar membuat puisi dan membacakannya, atau menari.

6. MINGGU = KELAS MENULIS RUMAH DUNIA

Setiap Minggu sore (jam 16.30 – 17.30pm ) diadakan kelas menulis. Selama 3 bulan mereka diajarkan tentang jurnalistik, fiksi, dan skenario TV.

7. SABTU AWAL BULAN = KLUB DISKUSI RUMAH DUNIA

Dari jam 14.30 – 17.30pm, bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena Serang, Sanggar Sastra Remaja Indonesia, kami mengadakan diskusi bulanan (setiap minggu kedua) seputar kesenian, kebudayaan, dan perpustakaan. Peserta diskusinya perwakilan dari komunitas seni, budaya, dan pencinta buku. Nara sumbernya mulai dari praktisi, pemerhati, akademisi, dan birokrat. Sebelum acara diskusi dimulai, selalu ada pembacaan puisi serta pementasan teater oleh anak-anak.

8. LOMBA INTERNAL

Untuk merangsang kreatifitas mereka, kami mengadakan lomba-lomba setiap sebulan sekali. Mulai dari lomba menggambar dan pameran, membaca dan menulis puisi, festifal teater untuk anggota Pustakaloka RUMAH DUNIA, serta lomba mengarang cerita. Hadiahnya uang atau alat-alat tulis.

No comments:

PG/ TK ISLAM SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd