Wednesday, 25 February 2009

Tips Sehat: Konsumsi Ikan Semasa Hamil Cerdaskan Otak Bayi


Inilah tips sehat yang dapat anda jadikan sebagai rujukan. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang lahir dari seorang ibu yang rutin mengonsumsi ikan dan makanan sehat dari laut lainnya selama hamil cenderung menjadi lebih cerdas dan memiliki tumbuh kembang yang lebih baik dibandingkan anak dari ibu yang kurang suka konsumsi makanan laut.

Penelitian tersebut menjadi kontroversial di Amerika Serikat karena pemerintah dan beberapa ilmuwan lain disana telah mengeluarkan rekomendasi untuk wanita hamil agar membatasi asupan makanan laut untuk menghindari merkuri, suatu toksin yang dapat membahayakan sistem saraf janin yang sedang berkembang.
Peneliti dari U.S National Institute of Health yang memimpin penelitian tersebut menyatakan bahwa makanan sehat dari laut adalah sumber penting asam lemak omega 3 yang penting untuk perkembangan otak janin.

Dalam jurnal The Lancet, dituliskan bahwa pembatasan asupan ikan dan makanan laut sebanyak 12 ons per minggu pada wanita hamil (seperti yang direkomendasikan oleh pemerintah Amerika Serikat) tidak melindungi janin dari masalah perkembangan.

Sebaliknya menurut para peneliti, wanita hamil yang menghindari makanan laut bahkan dapat membahayakan janin yang dikandungnya karena akan mengalami kekurangan nutrisi esensial yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap lebih dari 8.000 anak yang dipilih oleh The University of Bristol untuk melihat bagaimana perkembangan anak bila ibunya mengonsumsi lebih dari 12 ons makanan sehat dari laut selama hamil.

Anak-anak tersebut menunjukkan kemajuan yang lebih baik dalam uji perkembangan yang dilakukan untuk menilai keterampilan motorik, komunikasi, dan sosial selama masa balita, berperilaku lebih baik di usia 7 tahun, dan memperoleh nilai IQ verbal lebih tinggi di usia 8 tahun.

Perbedaan yang sangat mencolok dibandingkan anak yang ibunya selama hamil tidak mengonsumsi makanan sehat dari laut sama sekali, 48% dari anak-anak ini mempunyai nilai IQ verbal yang relatif rendah di usia 8 tahun dibandingkan anak dari kelompok pertama.

Hasil penelitian tersebut menekankan tentang pentingnya memasukkan ikan dalam diet ibu hamil dan mendukung opini umum bahwa ikan adalah makanan penting untuk pertumbuhan otak.Semoga tips sehat ini dapat membantu nada semua khususnya para wanita atau ibu-ibu yang sedang hamil.

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd