Thursday, 26 February 2009

Kreatifitas Anak Perlu Digali Sejak Dini


JAKARTA, MINGGU - Setiap anak memiliki berbagai potensi, tapi untuk mengetahui kecenderungannya, harus digali sejak dini, apakah anak-anak punya talenta dan atau kecerdasan di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam, teknologi, seni, atau bidang lainnya.

Khusus di bidang seni, manajemen Hotel Sahid Jaya Jakarta, hari Minggu (23/3) menggelar lomba kreativitas menggambar, mewarnai, menyanyi, menghias telur, dan peragaan busana anak-anak.

"Potensi anak-anak kalau tidak digali, dibina, dan diarahkan dari sekarang, kelak akan sulit berkembang. Untuk bidang kesenian yang dilombakan itu, pesertanya mencapai 132 orang, lebih sedikit dibanding tahun 2007 yang pesertanya mencapai 300 orang. Kebetulan, lomba tahun ini berkaitan dengan hari libur, sehingga banyak anak-anak yang membatalkan keikutsertaannya karena ikut berlibur ke luar kota mengikuti orang tuanya," kata Public Relations Officer Hotel Sahid Jaya Jakarta Linda Hakim.

Sejumlah orangtua anak menyambut lomba kreativitas bidang seni ini dengan antusias, guna memupuk rasa percaya diri anak. Saya mengikutsertakan anak mengikuti lomba mewarnai tidak untuk mengejar juara, tetapi bagaimana keberanian anak semakin terasah dan semakin percaya diri. Biar saja mereka mewarnai sesuai dengan suasana hatinya, kata Ibu Laila, warga Jakarta Barat.

Pengamatan Kompas, peserta lomba umumnya anak-anak berbakat mulai usia 4 tahun hingga 8 tahun. Mereka seperti mengadu keberanian tampil, walau untuk itu mereka dikenakan biaya. Yang penting berani tampil, juara tidak juara, itu urusan belakangan. Kreativitas anak harus kita tumbuh-kembangkan sejak dini, kata Ibu Yovita.

Linda Hakim menjelaskan, perlombaan kreativitas di bidang seni ini digelar dalam rangka hari ulang tahun ke-34 Hotel Sahid Jaya Jakarta dan Hari Raya Paskah, bertujuan untuk menyalurkan dan menumbuhkembangkan bakat anak-anak di bidang kesenian. "Lomba didesain khusus untuk menggali kreativitas anak-anak. Bekerja sama dengan Yayasan Tadika Puri dan didukung sejumlah sponsor," ungkap Linda Hakim.

Peserta terbaik atau juara pertama mewarnai adalah Elfa (murid taman kanak-kanak), menggambar Nurul (SD), menyanyi Fio (SD), fashion show Tasya (TK) dan Nadia (SD), dan peserta terbaik menghias telur Alisia (TK). Panitia memberikan hadiah untuk juara satu sampai tiga dan harapan satu sampai harapan tiga untuk masing-masing kategori. Hadiah antara lain berupa piala, voucher menginap satu malam di Hotel Sahid Jaya Jakata, dan hadiah dari sejumlah sponsor.

NAL
Sumber : KOMPAS

No comments:

PG/ TK SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd