Thursday 19 February 2009

Meningkatkan Minat Baca Dalam Keluarga


Posted by perpusmasjid


Peranan keluarga dalam meningkatkan minat dan kebiasaan membaca adalah sangat penting dan mendasar sekali. Disinilah pada dasarnya letak dan arah kemajuan bangsa dapat diraih. Keluarga adalah sarana yang tepat bagi persemaian watak, perilaku dan kecerdasan mengingat seluruh anggotanya dimungkinkan dapat berinteraksi secara intensif, bebas dan dinamis. Oleh sebab itu dalam, menumbuhkan budaya dan minat baca, maka harus dimulai dari lingkungan keluarga sebagai unsur terpenting dalam sebuah komunitas masyarakat.
Perlu diingat bahwa gemar membaca bukanlah suatu minat yang yang terjadi begitu saja, tetapi ini adalah sebuah proses yang memerlukan waktu dan strategi tertentu. Ini tentunya memerlukan usaha dari keluarga untuk membuat suatu persepsi dalam keluarga bahwa dengan membaca kita akan memperoleh banyak keuntungan dan manfaat. Orang tua dalam hal ini memegang peranan yang luar biasa untuk bisa menanamkan pemikiran bahwa membaca itu perlu dan harus dijadikan kegiatan rutin untuk mempersenjatai anggota keluarga dengan informasi dan materi yang bisa digunakan untuk menjawab setiap tantangan yang ada di lingkungan kita.

Lantas apa yang bisa diperankan keluarga dalam menumbuhkan minat baca? Ada beberapa cara konservatif yang sangat efektif untuk meningkatkan minat baca di lingkungan keluarga, yaitu :
1.Merangsang rasa ingin tahu anak
2.Menjawab rasa keingintahuan tersebut dengan buku bacaan sesuai dengan usia dan minatnnya.
3.Menjawab setiap pertanyaan yang diajukan sang anak dengan mengutip dari buku sehingga merangsang anak untuk membaca dari sumbernya secara langsung.
4.Membiasakan anak untuk gemar membaca semenjak kecil
5.Belajar merawat dan mencintai buku
6.Menciptakan budaya baca dalam keluarga
7.Orang tua memberikan contoh yang nyata
8.Adanya proses transfer nilai melalui proses pembelajaran secara langsung.
9.Mengalokasikan dana khusus untuk pembelian buku dan bacaan
10.Menempatkan kebiasaan membaca sebagai sebuah kebutuhan rutin
11.Tersedianya perpustakaan mini dalam keluarga, bila memungkinkan

No comments:

PG/ TK ISLAM SMART BEE - Children Education

My photo
Based on Islamic system. We commit to be partner for parents to provide educated play ground for their beloved children. Contact us: Jl.Danau Maninjau Raya No.221, Ph 62-21-7712280/99484811 cp. SARI DEWI NURPRATIWI, S.Pd